Apa Itu Kopi Non-Kafein?

 

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia, dengan jutaan orang yang mengkonsumsi minuman berkafein ini untuk menemani beraktivitas setiap hari. Kopi  juga merupakan salah satu industri yang paling kompetitif, jadi tidak heran kedai kopi terus bermunculan dengan inovasi yang lebih menarik pelanggan.

Kopi tanpa kafein memiliki reputasi yang sangat negatif, bahkan di antara peminum kopi sehari. Banyak orang bertanya-tanya apa gunanya minum kopi tanpa kafein.

Apa itu Decaf?

Dekafeinasi kopi adalah proses mengekstraksi kafein dari biji kopi normal menggunakan berbagai proses yang berbeda , menghasilkan produk kopi yang lezat dan hampir bebas kafein . Ada tiga metode utama dekafeinasi kopi: pengolahan air, metode pelarut langsung, dan metode dekafeinasi karbon dioksida superkritis.

Metode pengolahan air menggunakan air untuk mengeluarkan kafein, membuatnya benar-benar bebas bahan kimia. Metode pelarut langsung menggunakan pelarut kimia (biasanya metilen klorida atau etil asetat) untuk mengekstrak kafein, metode dekafeinasi karbon dioksida superkritis menggunakan karbon dioksida sebagai pelarut untuk mengekstrak kafein. Sementara setiap metode mengekstrak persentase kafein yang sama, setiap metode memiliki perbedaan rasa yang halus.

Di bawah ini merupakan beberapa manfaat dari kopi non cafein

1.Kopi Tanpa Kafein Dapat Membantu Mengatasi Diabetes.

Kopi telah dikenal karena kemampuannya untuk mengatasi berbagai macam penyakit, tetapi kandungan kafein dalam kopi justru memberikan efek negative jika di konsumsi secara berlebihan. Namun, kopi  tanpa kafein telah di buktikan dalam beberapa penelitian memiliki efek untuk menurunkan risiko Diabetes Tipe 2. hal ini juga membuat HNI HPAI mengguankan kopi non-kafein sebagai bahan dasar dari Kopi 7 Elemen Hpai

2.Kurang Kafein Dapat Meningkatkan Tidur dan Menurunkan Kecemasan

Kopi seringkali menjadi hal pertama yang disarankan untuk menghilangkan kantuk. Namun, kafein adalah stimulan kuat yang dapat merusak tidur Anda , menyebabkan serangan insomnia. Beralih ke kopi tanpa kafein dapat membantu mengurangi insomnia yang mungkin disebabkan oleh terlalu banyak kafein, yang kemudian akan meningkatkan energi Anda secara keseluruhan di pagi hari.

3.Kopi Tanpa Kafein Lebih Rendah Keasamannya daripada Kopi Biasa

Kopi cukup asam dan sering dicampur dengan susu untuk membantu mengurangi efek asam, hal ini membuat beberapa kopi bisa membuat lambung menjadi tidal nyaman. Salah satu manfaat utama kopi tanpa kafein adalah kandungan asam yang lebih rendah, yang biasanya disebabkan oleh proses dekafeinasi. Bagi mereka yang menderita sakit maag kronis dan penyakit refluks gastroesofageal (GERD), beralih ke kopi tanpa kafein untuk menurunkan jumlah makanan asam setiap hari dapat membantu mengurangi kambuhnya refluks asam dan efek samping lainnya.

5.Kopi Tanpa Kafein Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa kopi tanpa kafein dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular. Karena kafein dapat memperburuk masalah jantung karena efek stimulasinya, mengganti kopi berkafein Anda dengan kopi tanpa kafein mungkin lebih baik untuk kesehatan Anda jika riwayat keluarga Anda rentan terhadap masalah jantung.