Mengenal Jenis-Jenis Water Meter

etika memiliki sumber air yang ada di rumah atau suatu lokasi, Anda tentu perlu mengetahui volume air yang ada. Untuk mengukur ketersediaan jumlah air, Anda dapat menggunakan water meter SNI.

ater meter yang digunakan harus berstandar SNI agar jumlah volume air dapat terukur dengan baik dan akurat. Dengan begitu, kebutuhan air dapat dimanfaatkan dengan baik dan memenuhi kebutuhan banyak orang.

Jenis-Jenis Water Meter

Water meter atau meter air adalah satu jenis alat ukur volume air minum pada jaringan perpipaan untuk menentukan banyaknya aliran air yang mengalir pada suatu pipa yang dilengkapi dengan alat penunjuk untuk menyatakan volume air yang masuk.  

Berikut ini adalah jenis-jenis water meter yang sering digunakan dalam berbagai industri

1. Mechanical Water Meter

Meter air mekanis adalah meter air yang umum digunakan karena jenis ini relatif murah serta pemeliharaanya yang mudah. Kelemahan dari jenis water meter ini adalah pada ketelitian dari akurasi yang tidak dapat tetap

2. Magnetic Flowmeter

Magnetic flowmeter bekerja berdasar pada sistem magnet yang dialiri oleh elektronik. Informasi yang dihasilkan biasanya berupa data digital. Kelebihan dari meter ini adalah dapat menghasilkan data yang akurat.

Kelemahannya pada biaya yang mahal serta sensitif pada kontur, instalasi, dan pipa serta listrik yang dibutuhkan.

3. Ultrasonic Flowmeter

Ultrasonic flowmeter adalah suatu alat ukur yang mengukur laju debit aliran di dalam pipa dengan menggunakan sistem gelombang. Kelebihan alat ini adalah dapat mengukur laju debit air dalam pipa sehingga dapat memberikan informasi akurat.

Kelemahannya ada pada alat yang relatif mahal dan sensitif pada perubahan aliran air tiba-tiba

4. ​​​​​​​​​​​​​​Venturimeter

Venturimeter adalah alat untuk mengukur tekanan pada aliran fluida melalui pipa. Kelebihan dari alat ini adalah konstruksi yang sederhana dan sangat dianjurkan untuk aliran besar. Kelemahannya pada biaya yang mahal dan perbedaan tekanan

5. Orifice Meter

Alat ini digunakan untuk mengukur dan mengatur aliran fluida. Penggunaan alat ini cukup mudah, namun membutuhkan tenaga yang lebih besar pada tekanan tinggi serta tingkat akurasi yang rendah

Water meter memiliki peran untuk mengetahui kapasitas volume air. Sehingga Anda membutuhkan produk jual water meter SNI yang bisa didapatkan di PT. Pameterindo Edukatama Aneka.