8 Tips Memilih Meja Makan yang Tepat untuk Ruang Minimalis

VEDBO meja makan, putih, 160x95 cm | IKEA Indonesia

Meja makan adalah salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam sebuah rumah, selain fungsi utamanya sebagai tempat duduk sambil makan. Kursi makan juga berperan penting dalam melengkapi meja makan.

Untuk itu, memilih meja makan yang tepat membuat ruang makan Anda semakin sempurna. Apakah Anda bingung bagaimana memilih meja makan yang tepat? Berikut adalah beberapa tips untuk memilih meja.

 

  1. Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan

Tips memilih meja makan pertama adalah menyesuaikan ukuran meja makan dengan ruangan. Bagi Anda yang memiliki ruang makan terbatas, meja makan berukuran besar tentu bukan pilihan yang tepat karena akan membatasi ruang makan Anda.

Harap dicatat bahwa meja makan biasanya memiliki tinggi standar 28-30 cm. Untuk menawarkan semua kenyamanan, Anda harus memilih ketinggian meja yang menawarkan kebebasan bergerak yang cukup.

 

  1. Pilih Bentuk Meja Sesuai Kebutuhan

Menentukan bentuk meja makan menjadi tips selanjutnya yang harus diperhatikan. Di pasaran terdapat meja makan dengan berbagai bentuk, yaitu lingkaran, kotak, persegi panjang dan oval.

Jika Anda memiliki ruang makan yang tidak terlalu luas, Anda bisa memilih meja makan berbentuk persegi panjang. Karena meja makan persegi panjang ini bisa diatur sejajar dengan ruangan dan menawarkan ruang bagi banyak orang.

 

  1. Gunakan Produk Multifungsi

Anda juga mempertimbangkan dengan menggunakan produk multifungsi untuk mempermudah kunjungan tamu. Misalnya, Anda dapat menggunakan meja minimalis yang dapat dilipat, diperpanjang, atau diperpendek untuk membantu Anda memaksimalkan ruang makan.

 

  1. Sesuaikan dengan Jumlah Anggota Keluarga

Selain beberapa tips yang tercantum di atas, Anda juga harus memperhatikan jumlah dan usia anggota keluarga dalam rumah tangga. Jika Anda memiliki anak kecil, sudut kursi atau meja yang tajam bisa berbahaya bagi anak Anda.

Karena itu, pilih meja yang stabil dengan meja bundar atau sudut kursi. Menyesuaikan meja makan berdasarkan jumlah anggota keluarga juga dapat membantu Anda menentukan meja makan terbaik agar semua orang di rumah Anda dapat makan bersama dengan nyaman.

 

  1. Pilih Material Berkualitas

Pilihan bahan akan menjadi keputusan yang sulit. Biaya, harga, dan kompatibilitas bahan harus dipertimbangkan dengan cermat.

Banyak bahan yang bisa dipilih dari kayu, batu dan kaca. Jangan lupa untuk mempertimbangkan interior di sekitar meja untuk memutuskan bahan mana yang akan dipilih.

 

  1. Pilih Warna yang Matching dengan Interior Lain

Warna merupakan pilar dasar dalam kesempurnaan ruang. Bukan hanya ruang makan, tapi seluruh isi rumah.

Untuk meja makan, Anda bisa menggunakan warna-warna netral seperti hitam, putih, dan abu-abu atau gunakan warna yang lebih menarik dan berbeda. Jangan mencoba menggunakan warna yang sama dengan dinding atau benda lain.

 

  1. Pilih Kaki Meja yang Nyaman

Selain memilih meja makan karena alasan di atas, kaki meja makan juga sangat penting dalam memilih meja makan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa memilih kaki meja makan yang ada 4 di sudut-sudut seperti biasa, untuk menambah kursi.

Atau Anda bisa menggunakan kaki meja makan di tengah agar lebih fleksibel. Selain kaki meja, Anda juga harus mengecek ketinggian meja makan sebelum membelinya.

 

  1. Pilih Desain Kursi yang Sesuai

Pemilihan kursi meliputi tata letak, jumlah orang, dan jenis kursi yang akan Anda beli. Sebaiknya hindari kursi ukiran untuk ruang makan jika memiliki tema minimalis.

Karena desain kursi makan ukir ini mematahkan kesan polos dan sederhana.

Cocokkan meja makan yang Anda beli dengan jumlah orang yang akan menggunakannya di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *