Tes EPPS Online, Psikotes yang Relevan Untuk Industri

Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, saat ini Tes EPPS pun sudah dikonversi ke dalam sebuah aplikasi tes psikologi (psikotes) yang berupa Aplikasi Tes EPPS Online. Tes Edward Personality Preference Schedule (EPPS) sendiri adalah sebuah tes kepribadian yang bertujuan untuk mengukur tingkat kepribadian seseorang.

Umumnya, tes EPPS ini dikategorikan sebagai power tes yang tak dibatasi waktu di dalam pengerjaannya. Sehingga, penekannya yaitu pada penyelesaian tugas bukan waktunya. Di dalam pengerjaan tes EPPS seluruh item harus Anda jawab, jika terdapat satu item saja yang terlewat, maka interpretasi secara akurat tak bisa dilkukan.

Baru Mendapat Panggilan Psikotes? Tes EPPS Online Adalah Tes Psikologi yang Relevan untuk Ungkap Kepribadian, Pelajari Yuk!

Walaupun tes ini tidak begitu populer, akan tetapi tes EPPS ini merupakan psikotes yang perlu Anda pelajari. Beberapa perusahaan masih memakai tes EPPS tersebut guna mengenali kepribadian dari kandidat yang akan menjadi karyawannya.

Menurut Laboratorium Psikologi UMM, tes EPPS merupakan tes kepribadian yang sifatnya verbal dengan memakai metode forced choice. Metode forced choice yakni memilih salah satu diantara 2 pernyataan pada setiap nomor soal tesnya.

Hasil tes EPPS ini akan menga karakter dan juga kepribadian seseorang secara lebih detail. Tes EPPS ini penting untuk perusahaan guna memperoleh seseorang dengan kepribadian yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

Di dalam tes EPPS terdapat 15 soal sama yang diulang-ulang untuk mengukur fasilitas jawaban peserta tes. Apabila nilai konsistensi Anda kurang dari sepuluh (10), maka Anda akan dinyatakan gagal. Memang tes EPPS ini cukup menyebalkan untuk para pencari kerja.

Tes EPPS sendiri disusun oleh Allen L. Edwards. Oleh sebab itu tes EPPS ini mempunyai kepanjangan Edwards Personal Preference Schedule atau di dalam Bahasa Indonesia dinamakan sebagai Tes Skala Kecenderungan Kepribadian.

Tes EPPS Online ini memang peruntukannya bagi orang dewasa, bukan anak-anak. Sehingga sangat mungkin kelak di dalam seleksi kerja, Anda akan menjumpai psikotes EPPS tersebut.

Tujuan Tes EPPS

Secara umum, tes EPPS ini memberikan gambaran yang cepat dan tepat mengenai pengukuran variabel kepribadian, misalnya seberapa besar motivasi, kebutuhan (need), dan juga motif seseorang. Menurut Henry A. Murray, tes EPPS ini juga bisa mengukur kecenderungan terhadap 15 kebutuhan yakni:

Achievement (ach), Deference (def), Order (ord), Exhibition (exh), Autonomy (aut),  Affiliation (aff), Intraception (int), Succorance (suc), Dominance (dom), Abasement (aba), Nurturance (nur), Change (chg), Endurance (end), Heterosexuallity (het), dan Aggression (agg).

Selain untuk hal-hal di atas, tes EPPS online juga bisa dipergunakan untuk menguji konsistensi jawaban subjek. Sehingga, dapat disimpulkan tujuan dari adanya tes EPPS ini yaitu:

·         Memberi gambaran sehubungan pengukuran variabel kepribadian.

·         Mengukur kecenderungan akan 15 aspek kebutuhan.

·         Untuk menguji konsistensi jawaban dari subyek.

·         Cara Pengerjaan atau Instruksi Tes EPPS

Tes EPPS bisa disajikan secara individual maupun klasikal dengan durasi waktu pengerjaan yang sebenarnya tidak terdapat batasan. Akan tetapi, normalnya tes EPPS ini bisa Anda kerjakan dalam waktu kurang lebih 40 menit untuk butir soal sejumlah 225 soal tes EPPS.

Sesuai dengan penjelasan sebelumya, pada tes EPPS online ini Anda bakal dihadapkan pada 2 pilihan, yaitu jawaban A dan B. Anda pun diharuskan untuk memilih salah satu jawaban saja untuk setiap nomornya yang paling sesuai dengan masing-masing karakter Anda.

Tes Edward Personal Preference Schedule Online

NS Development mengembangkan tes Edward Personal Preference Schedule secara online dengan berbagai keunggulan dan fitur menarik. Seperti observasi (proctoring) via camera, interpretasi tes EPPS secara langsung, sehingga laporan hasil tesya akurat dan realtime.

NS Development mengembangkan tes Edward Personal Preference Schedule secara online dengan berbagai keunggulan dan fitur menarik. Seperti observasi (proctoring) via camera, interpretasi tes EPPS secara langsung, sehingga laporan hasil tesya akurat dan realtime. Keunggulan dari pelaksanaan tes online ini yaitu lebih efektif dan efisien, baik dari segi waktu, biaya, tenaga, dan juga tempat. Selain itu tes EPPS online bersama NS Development juga mampu menghindari human error pada saat skoring hasil tesnya. Yuk segera hubungi kami dan ikuti psikotes online bersama NS Development.

Tes EPPS Online