Tips Menentukan Dan Menyimpan Sayur

Membeli belanjaan buat beberapa saat ke depan merupakan salahsatu cara buat mengatur ketika yg baik. Sebab ketika di pagi hari tidak akan terbuang buat pergi ke pasar. Jadi cukup belanja sekali diri minggu. Selanjutnya belanjan tadi pada simpan di kulkas & dipakai selama satu minggu ke depan.

Ketika kita ingin membeli sayuran yg tidak eksklusif dikonsumsi ada beberapa hal yang wajibdiperhatikan. Supaya bahan makanan yang nantinya akan kita masak tetap cantik & jua segar. Nah, berikut ini adalah tips menentukan dan menyimpan sayuran.Tips menentukan & menyimpan sayur yang mudah &  praktis

Pilihlah cabe yg segar dan nir terdapat campurannya yg busuk. Memang umumnya harganya lebih mahal. Tetapi ini jauh lebih tahan usang dibandingkan menggunakan cabai yang terdapat camourannya yang busuk. Sebab satu cabe yang busuk menciptakan syarat cabe lainnya sebagai lembab. Sehingga akan memudahkan proses pembusukkan.

Ada beberapa cara yg mampu kita lakukan buat menyimpan cabe

1. apabila disimpan pada kulkas cabai dibersihkan tangkai buahnya. Cabai nir usah dicuci karena apabila dicuci akan menyebabkan cabai gampang busuk. Selanjutnya masukkan cabai ke pada wadah kedap udara lalu simpan didalam kulkas.

dua. Jika disimpan di luar kulkas/suhu ruangan. Pertama yang dilakukan merupakan membuang tangkai buahnya. Selanjutnya cuci higienis cabai tadi lalu dijemur. Setelah dijemur campur cabai menggunakan garam lalu simpan pada dalam toples.

Pilih wortel yang sulit dibengkokan jangan yang lentur. Sebab yg lentur kadar airnya lebih banyak sehingga lebih cepat busuk. Sebaliknya yg sulit dibengkokan kadar airnya lebih sedikit sebagai akibatnya nir mudah busuk. Selanjutnya buat melihat usia wortel masih muda atau sudah tua, caranya adalah dipotong bagian bawahnya. Selanjutnya lihat lingkarannya, semakin besarlingkarannya makan semakin tua usia wortel.

Potong bagian bawah wortel. Selanjutnya bungkus satu persatu wortel menggunakan kertas. Dengan dibungkus kertas satu persatu maka wortel tidak akan mudah busuk. Jangan simpan wortel dalam plastik secara bersamaan karena akan mengakibatkan wortel cepat busuk, meskipun disimpan dikulkas. 

apabila disimpan suhu ruangan, jauhkan wortel menurut garam. Supaya nir mudah busuk. Selanjutnya apabila masih belum dipakai wortel mampu dijemur.

Cara memilih bawang merah

Pilih bawang merah yang masih terbungkus dengan kulitnya. Jangan pilih bawang merah yang sebagian kulitnya telah terbuka. Sebab bawang putih yang kulitnya terbuka akan lebih cepat busuk.

Setelah sampai pada rumah segera buka bungkus bawang merah. Sebab jika bawang merah terlalu lamaberada di tempat tertutup maka akan menciptakan kondisinya lembah sehingga cepat busuk. Taruh bawang merah pada wadah terbuka. Sekanjuntya acapkali jemur bawang merah tersebut jika masih usang dipakai. apabila disimpan didalam kulkas bawang merah harus dikupas dulu kulitnya selanjutnya dipotong-potong. Kemudian masukkan ke pada wadah tertutup. Oya, bawang merah nir usah dicuci ya, langsung masukkan ke wadah tertutup gw lalu taruh dikulkas.Cara menentukan bawang putihJika membeli bawang putih, pilih bawang putih yg bagian atasnya / kepalanya telah kering. Selanjutnya pilih bijinya yang padat dan gemuk jangan pilih yg kemarau & kempis. Bawang segar bobotnya lebih berat lantaran masih poly kandungan airnya. Jangan beli bawang putih yg telah tumbuh tunasnya karena itu mengindikasikan bawang putih berusia tua. Cara penyimpanan Dibandingkan menggunakan bawang merah bawang putih cenderung lebih awet. Supaya tidak mudah busuk biarkan bawang putih permanen berada dalam bonggol nya. Simpan di tempat yg kemarau menggunakan pencahayaan surya yang relatif agar bawang putih permanen kering. apabila disimpan dikulkas harus dikupas dulu kemudian dipotong-pangkas agar nir tumbuh akarnya. Setelah dikupas tidak usah dicuci langsung tambahkan ke pada wadah tertutup atau dibungkus menggunakan kertas kemudian taruh pada kulkas. 

Cara memilih sayuran kangkung/bayam

Pilih kangkung/bayam yang daunnya masih cantik tidak terdapat yang berwarna kehitaman. Sebab rona kehitaman mengindikasikan sayuran tadi sudah lamadan mulai membusuk. Selanjutnya patahkan batangnya. apabila berbunyi “krek” berarti sayurannya masih segar.

Sayuran kangkung atau bayam memang lebih cepat busuk apabila ditaruh pada suhu ruanngan. Supaya sayuran tersebut tidak cepat layu jika di taruh pada suhu ruangan caranya merupakan menjadi berikut:

1. Siapkan wadah baskom/panci kecil lalu beri air kira-kira hingga setengahnya

dua. Masukkan kangkung/bayam tersebut menggunakan posisi akarnya dibagian bawah (jangan dibuka ikatannya). Jadi akarnya terendam oleh air pada baskom atau panci tersebut.

3. Simpan di tempat yang sejuk. 

Jika disimpan dikulkas maka pangkas bagian akarnya. Selanjutnya bungkus dengan kertas lalu tambahkan ke pada kulkas.

Nah, dengan cara demikian maka sayur-sayuran ataupun bahan kuliner lainnya mampu tetap segar dan lezatwaktu dimasak. Selain menghemat saat dengan menyimpan sayuran buat beberapa hari ke depan, kita mampu masak lebih pagi & masakan yang dibentuk pula terjamin kebersihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *