Proposal Kewirausahaan “kerajinan Tangan Buat Toples Hias Dan Celengan Kece Menurut Barang Bekas’’

Alhamdulillah, puji syukur kehadiratAllah SWT atas rahmat & hidayahNya kerena kami bisa menyelesaikan penyusunanproposal ini. Adapun pada penulisan proposal ini, produk yg akan ditawarkanadalah “KERAJINAN TANGAN UNTUK TOPLES HIAS DAN CELENGAN KECE DARI BARANGBEKAS’’

Kami menyadari sepenuhnya bahwa inidalam penulisan proposal ini banyak masih ada masih ada kekurangan. Oleh karenaitu, kami mengharapkan adanya kritik & saran yg membentuk demi kesempurnaanpenulisan proposal ini. Tidak lupa kami mengucapkan terimakasih pada semuapihak yg telah membantu penyusunan proposal ini , khususnya pada dosenpembimbing mata kuliah kewirausahaan. Akhir kata semoga proposal ini dapatbermanfaat bagi kita seluruh dan dapat menambah wawasan kita pada mengusut“kewirausahaan” serta bisa digunakan sebagaimana mestinya.

KATAPENGANTAR……………………………………………………………………………… 1

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………. 2

PENDAHULUAN……………………………………………………………………………………. 3

A.       Latar Belakang…………………………………………………………………………………. tiga

B.       Visi…………………………………………………………………………………………………. tiga

C.       Misi…………………………………………………………………………………………………. 3

D.       Tujuan aktivitas………………………………………………………………………………… 4

E.       Maksud aktivitas………………………………………………………………………………. 4

PRA PRODUKSI…………………………………………………………………………………….. lima

A.       Profil………………………………………………………………………………………………. lima

B.       Strategi Pasar……………………………………………………………………………………. 5

C.       Analisa SWOT…………………………………………………………………………………. 7

PROSES PRODUKSI………………………………………………………………………………. 8

A.       Cara pembuatan……………………………………………………………………………….. 8

B.       Bahan Baku……………………………………………………………………………………… 8

C.       Peralatan danPerlengkapan……………………………………………………………….. 9

D.       Cara pembuatan toples………………………………………………………………………. 9

RENCANA ANGGARAN……………………………………………………………………….. 10

A.       Modal/ pemasukan………………………………………………………………………….. 10

B.       Penentuan harga jual……………………………………………………………………….. 10

PENUTUP……………………………………………………………………………………………… 11

A.       Kesimpulan……………………………………………………………………………………. 11

B.       Saran……………………………………………………………………………………………… 11

           Usaha adalah suatu bentuk kegiatan yang bisa membuat uang & dapatmeningkatkan tingkat hayati seorang buat sebagai lebih baik. Suatu bisnis ygkita jalani dapat menghasilkan laba semaksimal mungkin apabila kita tekun dankreatif dalam menjalani usaha tadi.

           Banyak cara yg dilakukan oleh seorang dalam memulai atau menjalani kegiatanusaha seperti sistem retail atau membuat sendiri produk yg dijual. Kegiatanusaha menggunakan cara membuat sendiri, produk yang dijual akan lebih poly kelebihannyadibandingkan sistem atau kegiatan bisnis lain. Selain produk yg dijual menarikminat , tentu cara ini lebih mudah dalam menafsirkan atau menargetkan labadengan total produk yang akan dijual ke konsumen.

           Dari penjelasan latar belakang diatas, maka aku tertarik buat melakukankegiatan usaha dengan memakai cara memproduksi sendiri produk yg akan sayatawarkan berupa kerajinan tangan “ Toples hias berdasarkan toples bekas, busa bonekabekasdanamp; kain perca dan kain faneldan celengan kece berdasarkan toples bekas ”.

Menjadikan barang bekas memilikinilai jual.

Kepuasaankonsumen atas produk adalah hal yg gw utamakan.

MemperkenalkanToples hias dan celengan kece khususnya yang terbuat dari barang bekas kemasyarakat.

Menciptakanhiasan yg lucu, cantik, & menarik dengan harga yg terjangkau’

C.    Tujuan KegiatanUsaha

Tujuan gw memilih jenis usaha iniyaitu :

dua.Menarik minat konsumen buat merasakanproduk yg gw buat, agar mencapai target penjualan.

3. Dapat membuka lapangan pekerjaanbaru.

4.Memanfaatkan barang-barang yangtidak terpakai.

Darihal membuka bisnis ini saya bermaksud ingin menyalurkan ilmu yg gw milikiyaitu Kemampuan di bidang kerajinan tangan,  pada global usaha bentuk daripengalaman dan menambah wawasan atas ilmu yang telah gw  ketahui berdasarkan sekolah gw dulu dan orang–orang  terdekat  & ingin berinovasi dengan barang yang tidakterpakai  sebagai akibatnya sanggup di gunakankembali & di manfaatkan dengan mempunyai nilai jual dengan memakai toplesbekas & kain perca dan busa bekas boneka buat bahan utamanya dalam  bisnis menciptakan kerajian tangan ini memilikikesabaran buat proses pembuatannya dan keuletan dalam membuat usaha ini.

BAB II                                                                                                                                             Pra Produksi

Kerajinan tangan berdasarkan buat topleshias & celengan kece  menurut barang bekasyaitu bisnis yang sangat menggiyurkan bagi pengraji kerjinan tangan, Disekitarkita barang-barang bekas seperti kaleng-kaleng  bekas telah nir asinglagi bagi kita. Sehingga kita menuangkan ide buat menciptakan ciptaan menggunakan bahandasar menurut kaleng  bekas menjadi sebuah loka tabungan atau denganistilah celengan yg menarik & toples hias buat wadah loka menyimpan kuedan makanan ringan menggunakan dihiasi banyak sekali lukisan tanamanfauna ,tokoh kartun,& sebagainya,sebagai akibatnya mampu menjadi suatu yg bernilai lebih dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan menggunakan celengan dariplastik atau tanah liat. Melihat potensi lingkungan lebih kurang Ngawi masih sangatjarang yang mengkreasikan daur ulang barang-barang bekas sebagai sebuah bendayang bermanfaat dan memiliki nilai jual yang lebih.Daur ulang celengan maupuntoples hias ini disajikan menggunakan banyak sekali macam hiasan yang dilukiskan dicelengan itu misalnya gambar flora,hewan,banyak sekali tokoh kartun sepertidoraemon,spongebob,dora,shon the sheep & sebagainya dan ada pula lukisanyang sinkron menggunakan pesanan yg memiliki ciri spesialtidak selaras.Dengan ini sayamengharapkan dapat menggaet atau menarik pelanggan buat mencoba membelinya.Oleh karenanya peluang bisnis dibisnis ini mampu dikatakan cukup menjanjikankarena masih sporadis pesaing pada usaha ini khususnya dikota Ngawi .

B.  Strategipemasaran yg akan diterapkan 

saya  mencoba menghadirkan suatu produk yang unikdan memiliki nilai jual yang tinggi, yang dalam pembuatannya menggunakanbarang-barang bekas yang dirubah sebagai suatu produk yang masih dapatdimanfaatkan pulang.tampilan dari celengan & toples hias ini saya buatsemenarik mungkin & unik sehingga menciptakan konsumen menjadi tertarik.

Ø  Memberikandiskon produk bagi pemesanan yg relatif banyak

Ø  Melayanipesanan melalui telepon, sms,facebook dan twitter.

Ø  Membuattampilan celengan & toples hias semenarik mungkin.

c.     Strategi tempat

Memilihtempat strategis, ramai dikunjungi orang, dan loka yang acapkali dilewati danmudah terjangkau sang insan.

d.    Biaya terjangkau

Strategiini dilakukan menggunakan memberikan harga yg terjangkau sang seluruh kalangan yangberkisar Rp 10.000 sampai dengan Rp 50.000.

C.   Potensi dan Segmentasi Pasar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *