Plastikinya – Blog Tentang Produk Plastik: Kenapa Sih, Lebih Memilih Plastik?

Sekarang telah zaman terkini, instan, gak pake usang, simple, gampang, dan poly lagi kata-istilah zaman sekarang ini.

Itulah kenapa sebab plastik tersebar luas pada zaman ini, lantaran manusia telah nir sukamelakukan hal yg ribet/sulit. Banyak contoh manusia nir senang melakukan hal yg sia-sia, walaupun berdasarkan hal yg sepele saja.

Contoh pertama, kita pulang kerja mampir ke warung atau ke pkl membeli 10 gorengan/jajanan, lalu kita mau membawanya pulang. Apakah kita meminjam piring buat membawanya terus nanti kita kembalikan?

sumber: http://dua.bp.blogspot.com/-cnkMgMErKEc/U8_XtpSkFgI/AAAAAAAAABU/PRFYaKXO36Q/s1600/IMG_20140721_173448.jpg

Tidak, karena itu sangat ribet dan ketika kita terbuang cuma-cuma. Bolehlah bila warung atau pkl tadi ada di depan atau pada sekitar tempat tinggal. Tapi jikalau jauh? 

Itulah mengapa diciptakan yang namanya “kantong ajaib” atau yang lebih dikenal kantong plastik, bungkus plastik atau kresek.

Tidak hanya itu sebab kita lebih memilih plastik, lantaran memang plastik berguna pada berbagai hal dan syarat.

Contoh ke 2, misal kita orang tempat kerja, bila istirahat membeli nasi kemasan pada warung buat kita makan pada tempat kerja. Apakah nasi kemasan tersebut kita diberi sendok stainless? Tentu tidak, pasti kita diberi yg namanya “sendok plastik atau sendok bebek”.

Selain harganya yg murah, sendok plastik atau sendok bebek itu tidak perlu kita kembalikan, karena sesudah kita terselesaikan makan, kita bisa membuang kemasan & sendok tersebut ke tempat sampah.

Tapi tunggu dulu, kenapa kita nir berpikir kritis. Oh iya, dikarenakan ini zaman terkini, zaman instan, zaman yg gak mau ribet, dan zaman yang gak pake usang. 

Kita bahas lagi tentang nasi bungkus tersebut, setelah makan tinggal kita buang saja kemasan dan sendok plastik ke loka sampah. Tapi tidak bila dapat memanfaatkannya kembali.

Apa yang dapat kita manfaatkan? Bungkus nasi? Sudah kotor, terkena minyak, bahkan robek. Tapi apakah sendok plastik bisa kita manfaatkan? Iya, kita kumpulkan dulu sendok-sendok plastik bekas makan tadi, lalu kita cuci hingga higienis.

Untuk apa? Untuk kita buat makan lagi? Tidak, kita dapat menciptakan kreativitas dan kerajian. Tapi semua itu tidak akan terealisasi bila diri kita sendiri tak punya niat dan kemauan, urusan kreativitas perkara belakangan, yg krusial kan niat & kemauan kita dulu.

Saya ambil model sebuah gambar, coba perhatikan. Terbuat dari apa benda yang terdapat pada gambar tadi.

sumber: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/99/c9/2c/99c92c9fe24247036d0a20db3069a5fa.jpg

Terlihat nir asing bukan? Jika kita perhatikan, itu merupakan sendok-sendok plastik bekas yang telah pada olah sebagai kerajinan.

Nah, apakah tidak berguna? Tentu berguna, kita dapat mengakibatkan kerajinan tadi buat hiasan rumag, sebagai souvenir, bahkan kita dapat mengasilkan keuntungan dengan kerajinan tersebut.

Memang, lebih poly plastik yg tak bisa kita siklus ulang atau kita pergunakan lagi. Setidaknya kita telah memaksimalkan penggunaan benda-benda plastik.

Contoh lagi, saat kita berpergian jauh, & kita lupa nir membawa air putih. Apakah kita akan pulang dan minum pada tempat tinggal? Tentu itu hal yang sangat konyol. Sekarang kan telah zaman terkini, bila kita hanya memerlukan air putih, mengapa kita tidak mencari toko atau warung terdekat?

Selain harganya murah, air putih kemasan sangat poly tersebar luas, apa lagi apabila kita tinggal pada perkotaan. Ada yg dikemas menggunakan botol & terdapat yg dikemas dengan gelas. Tak hanya air putih sebenarnya, minuman-minuman lain jua dikemas menggunakan botol plastik, bahkan jajanan pun dikemas dengan kemasan plastik bila kita membeli di swalayan atau toko.

Tak heran mengapa plastik sangat banyak pada pergunakan, lantaran mendapat banyak sekali alasan dan kegunaan yg beragam. Bukan berarti plastik menggantikan segalanya, plastik hanya membantu apa yang tidak bisa dilakukan oleh benda-benda yg lain. Saya pertegas, plastik nir diunggul-unggulkan menurut bahan & benda-benda yg lain, melainkan hanya sebagai pembantu dan pelengkap yg tidak dapat dilakukan benda-benda lain.Alasan lebih menggunakan plastik

Ada aneka macam alasan mengapa kita memakai plastik, yaitu:Lebih gampang di dapat.Lebih murahSimple dan simpelLebih awetTahan kelembaban

Sebenarnya, masih banyak lagi kegunaan plastik. Walaupun disini kita membahas singkat setidaknya kita bisa memanfaatkan plastik lebih efektif dan aporisma, sehingga pembuangan plastik dapat berkurang.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat & tunggu artikel-artikel selanjutnya atau coba cek artikel-artikel dari blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *